Jumat, 21 Februari 2014

PANTAI PANDAWA


Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di pantai ini seperti berjemur, bermain pasir,  voli, berkano, berenang, maupun sekedar jalan-jalan di pinggir pantai. Puas menikmati suasana pagi, saya melanjutkan perjalanan di sekitar pantai. Di pantai tersebut terdapat pura Hindu. Pada saat itu masih banyak orang yang bersembahyang.

Berkano di Pantai Pandawa
Dahulunya di pantai ini sering diadakan upacara Melasti. Upacara Melasti adalah bagian dari upacara hari raya Nyepi bagi umat Hindu. Pada saat itu umat Hindu bersembahyang di tepi pantai dengan tujuan untuk mensucikan diri dari segala perbuatan buruk di masa lalu. Salah satu yang menarik setiap berkunjung ke pantai di Bali kita bisa melihat langsung betapa kuatnya budaya Hindu dan bagaimana mereka menjaga tradisi tersebut dengan baik. Lewat budaya inilah Bali menjadi tujuan wisata dunia.
Sesudah itu kami melanjutkan perjalanan ke bagian timur pantai Pandawa. Bagian ini menjadi bagian favorit para peselancar. Beberapa peselancar yang kebanyakan orang asing sudah bersiap-siap untuk menuju ke pantai. Kurang lebih tiga puluh menit saya menghabiskan waktu di sini sambil menikmati angin pantai yang berhembus dengan lembutnya. Sesekali para pedagang menawarkan pengunjung untuk singgah minum kopi di warung-warung milik mereka.

Pantai Pandawa yang masih alami ini akan semakin bagus dan berkembang jika semua pengunjung selalu menjaga kebersihan. Sangat disayangkan banyak sekali saya temui sampah-sampah yang berserakan di mana-mana. Mari kita selalu jaga keindahan ini sehingga kita dapat menikmatinya dengan lebih nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar